RANGKUMAN PERTEMUAN 1 - REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
1. Definisi Perangkat Lunak (PL)
IEEE – Standar Glossary of Software Engineering Terminology, 1990:
“Computer programs, procedures, and possibly associated documentation and data pertaining to the operation of a computer system.”
– Instruksi-instruksi program komputer yang ketika dijalankan menyediakan fitur-fitur, fungsi-fungsi dan kinerja yang dikehendaki
– Struktur data yang memungkinkan program-program memanipulasi informasi
– Informasi deskriptif pada salinan tercetak dan bentukbentuk maya yang menggambarkan pengoperasian dan penggunaan program
Karakteristik Perangkat Lunak
– PL dikembangkan atau direkayasa, bukan diproduksi dalam konteks manufaktur
– PL tidak mengalami “kelelahan”
– PL dibuat berdasarkan spesifikasi yang diminta oleh pengguna
Kategori Perangkat Lunak
– PL Sistem (System Software)
– PL Aplikasi (Application Software)
– PL Rekayasa/Ilmiah (Engineering/Scientific Software)
– PL yang tertanam (Embedded Software)
– PL Lini Produk (Product-Line Software)
– PL Aplikasi Web (Web/Mobile Applications)
– PL Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence Software)
Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
a. Stand-Alone Applications adalah contoh aplikasi seperti aplikasi office pada PC, program CAD, software manipulasi foto, dll
b. Interactive Transaction-Based Aapplications adalah aplikasi yang mengeksekusi pada komputer remote dan yang diakses oleh pengguna dari PC mereka sendiri atau terminal
c. Batch Processing Systems adalah sistem bisnis yang dirancang untuk memproses data input yang besar untuk membuat output yang sesuai. Contoh: sistem penagihan telepon, dan sistem pembayaran gaji
d. Embedded Control Systems adalah sistem kontrol PL yang mengontrol dan mengelola perangkat keras, atau sistem yang tertanam pada jenis sistem lain. Contoh: PL yang mengontrol pengereman anti-lock mobil, dan software dalam oven microwave untuk mengontrol proses memasak.
e. Entertainment Systems adalah sistem yang terutama untuk penggunaan pribadi dan yang dimaksudkan untuk menghibur pengguna.
f. Systems for Modelling and Simulation adalah sistem yang dikembangkan untuk model proses fisik atau situasi, dengan banyak objek yang saling berinteraksi
g. Data Collection Systems adalah sistem yang mengumpulkan data dari lingkungan mereka menggunakan satu set sensor dan mengirim data ke sistem lain untuk diproses.
h. Systems of Systems adalah sistem yang terdiri dari sejumlah sistem PL lain.
Perangkat Lunak Warisan
– PL warisan harus diadaptasikan sedemikian rupa sehingga memenuhi kebutuhan dari lingkungan atau teknologi komputasi yang baru
– PL warisan harus ditingkatkan kinerjanya supaya dapat menjalankan kebutuhan bisnis baru
– PL warisan harus diperluas sedemikian rupa agar dapat saling mengoperasikan dengan sistem/PL/basisdata modern lainnya
Produk Perangkat Lunak
– Perangkat lunak<>produk perangkat keras.
– Produk perangkat lunak dikembangkan (developed) atau direkayasa (engineered).
– Tidak dipabrikkan seperti Perangkat keras.
– Perangkat lunak secara pemakaian tidak pernah ‘lelah’ layaknya perangkat keras.
Proses Perangkat Lunak
– Suatu proses merupakan sekumpulan aktivitas, aksi, dan tugas yang dijalankan ketika suatu produk kerja harus dibuat.
– Sebuah proses PL adalah urutan kegiatan yang mengarah ke produksi produk software.
– Empat kegiatan proses PL adalah:
a. Spesifikasi PL
b. Pengembangan PL
c. Software validasi
d. Software evolusi
8. Definisi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
RPL atau Software Engineering (SE) = Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Perangkat Lunak yang dibuat harus mampu:
– Tepat waktu.
– Tepat anggaran.
– Meningkatkan kinerja.
– Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar.
Stakeholder dalam RPL
– Users: adalah orang-orang yang akan menggunakan PL.
– Customer (client): adalah orang-orang yang membeli atau memesan PL.
– Software Developer: adalah orang-orang yang mengembangkan dan memelihara PL.
– Development Manager: adalah orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL, dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.
Perbedaan RPL dengan Computer science
– Computer Science = Computer science lebih memperhatikan teori & metode komputerisasi, sedangkan software engineering menyangkut masalah praktikal pembuatan dan delivery perangkat lunak.
– Software Engineering = Software engineering merupakan bagian dari system engineering, dimana sistem engineering memperhatikan semua aspek pembuatan sistem berbasis komputer termasuk perangkat keras, perangkat lunak & proses.
Perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem (RS)?
– Rekayasa Sistem = Rekayasa Sistem (RS) berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses.
– Rekayasa Perangkat Lunak = RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.
Tantangan dalam Rekayasa Perangkat Lunak
– Tantangan warisan.
– Tantangan heterogensis.
– Tantangan pengiriman.
Pelaku Dalam RPL
– Manajer
( Manajer proyek, Manajer konfigurasi, Manajer penjamin kualitas PL, Manajer bidang lainnya sesuai kebutuhan )
– Software Developer
( Analis sistem, Desainer, Programmer, Inspektor PL, Pengontrol perubahan )
– Pendukung
( Staff administrasi, Humas, Pencatat teknis, Administrator database, Administrator jaringan )
Prinsip-Prinsip Umum RPL
a. Alasan keberadaan PL
b. Sederhana
c. Pertahankan visi
d. Apa yang dibuat, akan digunakan oleh
konsumen/pengguna
e. Membuka diri terhadap masa depan
f. Merancang selangkah ke depan sehingga dapat
digunakan kembali
Praktek RPL
Langkah-langkah RPL:
a. Memahami permasalahan
b. Merancang solusi
c. Menjalankan rancangan
d. Memeriksa hasil
Posting Komentar untuk "RANGKUMAN PERTEMUAN 1 - REKAYASA PERANGKAT LUNAK"